Penyebab Keputihan Saat Hamil yang Wajib Untuk Anda Ketahui

Keputihan saat hamil memang menjadi salah satu kondisi yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan oleh para ibu hamil. Hanya saja, anda memang harus mengetahui apa penyebab dari keputihan yang terjadi saat hamil. Karena memang keberadaan keputihan ini seringkali menyebabkan ketidaknyamanan kepada para pasiennya.

Walaupun demikian, anda juga harus berhati-hati dengan kondisi keputihan yang tidak normal. Untuk keputihan yang normal sendiri biasanya tidak berbau, warnanya lebih bening, teksturnya licin dan bisa encer. Sedangkan untuk keputihan yang tidak normal biasanya mempunyai bau yang busuk, muncul rasa panas pada miss V, menimbulkan rasa gatal bahkan warnanya bisa kuning atau hijau.

Penyebab keputihan saat hamil

Adapun hal yang menyebabkan keputihan saat hamil adalah diduga karena leher Rahim dan dinding vagina menjadi lebih lembut sehingga akan menyebabkan produksi dari lendir vagina memang akan mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Bukan hanya itu saja, produksi lendir tersebut biasanya juga akan dipengaruhi dengan tingginya tingkat hormone estrogen pada tubuh.

Bagi anda yang mengalami keputihan tidak seperti biasanya, ada baiknya anda tidak mengalami panik terlebih dahulu. Apabila keputihan anda menunjukkan kondisi yang normal, anda memang tidak perlu menghawatirkannya. Berbeda jika keputihan menunjukkan kondisi yang tidak normal maka akan menyebabkan efek yang buruk pada tubuh.

Walaupun demikian, keberadaan keputihan ini sendiri juga bisa disebabkan oleh adanya kondisi yang serius didalam tubuh anda seperti adanya infeksi yang menular seksual maupun adanya komplikasi kehamilan lainnya. Untuk itulah sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter.

Bagaimana cara mengatasi keputihan

Untuk anda yang mengalami keputihan saat hamil, maka ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar bisa mencegah keputihan terjadi lebih parah. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Ganti pakaian lebih sering

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan pencegahan keputihan adalah dengan lebih sering mengganti pakaian dalam. Cara ini sendiri bisa membantu anda untuk menjaga agar organ intim anda tetap kering dan bersih.

  1. Gunakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan nyaman

Bahan dari pakaian dalam yang anda kenakah ternyata juga bisa mempengaruhi tingkat keputihan yang anda alami. Ada baiknya, agar anda nyaman pastikan anda memilih pakaian dalam yang mempunyai daya serap tinggi seperti terbuat dari serat katun.

  1. Gunakan pantyliner yang tidak memiliki kandungan parfum

Selain itu, ada baiknya anda juga bisa menggunakan pantyliner yang tidak mempunyai kandungan parfum. Selain itu, anda juga bisa mengganti pantyliner tersebut jika rasanya sudah lembab.

  1. Hindari pakaian ketat

Untuk mencegah agar keputihan tidak terjadi pada anda, ada baiknya anda juga menghindari pakaian yang ketat. Karena pakaian terlalu ketat akan membuat daerah miss v menjadi lembab.

Keputihan memang menjadi kondisi yang tidak perlu anda khawatirkan. Tetapi jika keputihan dalam kondisi tidak normal, anda harus segera membawanya ke dokter. Demikian, cara mengatasi keputihan saat hamil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *