Ini Cara Mengatasi Kanker Tulang

Kanker tulang merupakan sebab dari adanya perkembangan sel yang tak terkendali pada bagian tulang rawan dalam tubuh. Akibatnya penderita akan sering merasakan sakit yang luar biasa dan tak jarang tulang yang terkena kanker tersebut tidak lagi mampu digerakkan, atau dengan kata  lain sudah tidak berfungsi. Pada dasarnya kanker ini juga disebabkan oleh:

  • Adanya radang pada bagian tulang, atau mengalami cedera yang menyebabkan tulang rawan terkena kanker.
  • Kurangnya kalium dan vitamin yang bisa menguatkan daya tahan tulang.
  • Adanya beberapa atau salah satu anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit ini.

Adapun gejalanya  beragam, tergantung bagaimana yang dirasa oleh si penderita, tapi biasanya gejala kanker tulang ini meliputi sakit pada bagian tulang paha, tungkai, kaki dan lengan. Karena bagian itulah yang rentan terkena pertumbuhan tumor, atau kanker tulang ini. Bahkan jika kanker sudah tumbuh dan membesar, pada akhirnya akan timbul benjolan dan semakin terasa nyeri pada bagian benjolan tersebut.

Namun, Anda jangan khawatir saat tanda atau gejala yang terjadi karena ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kanker tulang ini.

Dilansir dari Klikdokter, sebelum adanya tindakan untuk mengatasi kanker tulang, langkah pertama adalah harus mengetahui diagnosis dokter terlebih dahulu terkait dengan gejala-gejala yang ada, dengan cara:

  1. Scan tulang.
  2. Menggunakan sinar X untuk mendeteksi benjolan atau tanda yang tidak kasat mata.
  3. Biopsi (mengambil sampel) pada bagian tulang yang terkena kanker tulang untuk kemudian diperiksa menggunakan mikroskop.
foto kanker tulang
Sumber: fudaindonesia.com

Berikut cara mengatasi kanker tulang dengan langkah pengobatan yang sesuai dengan gejala kanker tulang:

  • Pengobatan kanker yang dikombinasikan antara kemoterapi sebelum dan sesudah operasi. Artinya, jika kanker sudah tumbuh dan benjolan pada tulang sudah semakin besar maka cara mengatasi kanker tulang tersebut dengan cara dioperasi.
  • Jika tumor yang ada belum tumbuh membesar, maka bisa menggunakan radiasi.
  • Langkah akhir jika tidak stadium kanker ini sudah tingkat tinggi bahkan stadium akhir, maka sangat kecil kemungkinan untuk operasi. Namun dalam hal ini, para dokter sangat menghindari amputasi.

Dilansir dari Doktersehat, saat seseorang ingin mengetahui bagaimana cara mencegah atau upaya menghindari kanker tulang ini, mulanya mesti mengetahui terlebih dulu bagaimana kanker tulang itu tumbuh dan menyebar dalam tubuh.

Kanker biasanya  terjadi akibat terdapat zat karsinogen dan radikal bebas dalam organ tubuh. Maka langkah yang tepat yang dapat diupayakan oleh seseorang adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti halnya menghindari merokok, mengonsumsi alkohol, begitu juga dengan makanan yang mengandung karsinogen.

Adapun untuk cairannya sendiri, perbanyaklah minum yang didalamnya mengandung antioksidan dan mengonsumsi berbagai nutrisi yang ada dalam sari-sari makanan. Dan hal yang paling utama setelah adanya gejala yang mengarah pada kanker, yaitu dengan banyak berkonsultasi pada dokter tentang penyakit ini. Agar segera dapat diberikan tindakan dan saran yang tepat, sehingga gejala yang ada kembali membaik seperti sedia kala. Hal yang perlu diingat adalah salah satu penyebab kanker ini karena adanya efek pengobatan dari penyakit terdahulu, maka mulailah memerhatikan pengobatan yang dilakukan pada setiap penyakit yang dialami karena akan sangat berpengaruh pada timbulnya kanker tulang ini, kemoterapi salah satunya.

Selain itu karena kanker ini disebabkan juga karena faktor genetik, maka tugas utama orang tua adalah memastikan anak-anaknya sedari dini untuk terhindar dari gejala tumor ini.